Anak Milineal Harus tau Cara Mengatur Keuangan, Begini Caranya..

TEMPAT NGOPREK :

Bagi kaum milenial merencanakan keuangan mungkin sebuah hal yang baru. Namun perencanaan keuangan merupakan sesuatu kebutuhan yang penting. Salah satu waktu yang paling tepat menyusun keuangan adalah di awal tahun.


Yang harus dilakukan dalam merencanakan keuangan adalah menentukan posisi keuangan masing-masing. Hal ini untuk mengetahui profil resiko diri seperti utang, keuangan, usia, pendapatan per bulan dan kebutuhan pokok setiap bulannya.

Utang merupakan hal utama yang harus dihitung pertama kali dan disiasati dalam merencanakan keuangan di awal tahun ini, yaitu dengan memprioritaskan pelunasan hutang. Dengan melunasi hutang-hutang tersebut maka setiap orang dapat melihat potensi keuangan miliknya diluar hutang terkecuali untuk hutang seperti kredit kepemilikan rumah (KPR) yang bisa mencapai 15 tahun.

Berikut adalah 8 skala priorotas yang harus dilakukan seseorang dari pendapatan bulannya.

  1. Alokasikan untuk kegiatan sosial dan agama. Misalnya, bagi Muslim menyisihkan 2,5% pendapatan. Adapun kaum Nasrani 10% dari penghasilan.
  2. Sisihan pendapatan maksimum 10% hingga 30% untuk pelunasan utang. Beberapa utang yang bisa menggunakan dana ini adalah cicilan kredit, utang bentuk tunai dan lainnya.
  3. Menyisihkan maksimal 10% untuk proteksi. Dana ini untuk membeli asuransi untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan.
  4. 10% untuk edukasi. Dana ini untuk menyiapkan biaya pendidikan anak, pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan diri.
  5. Sisihkan 50% untuk kebutuhan pokok untuk rumah tangga.
  6. Berinvestasi dengan menyisihkan 10% hingga 20%. Investasi berguna untuk memiiki aset di masa mendatang.
  7. Biaya entertaiment dengan menyisihkan 5% dari pendapatan. Biaya ini untuk makan bersama keluarga, nonton film maupun berbelanja di pusat perbelanjaan.
  8. Jalan-jalan atau traveling dengan menyisihkan 5%.
0 Komentar untuk "Anak Milineal Harus tau Cara Mengatur Keuangan, Begini Caranya.."

Back To Top