Apakah Produk Reksadana Halal Menurut Pandangan Islam?

TEMPAT NGOPREK : Indonesia adalah negara dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam. Sebagian besar penganut yang berpegang teguh pada aturan agama menilai urusan keuangan, termasuk investasi, tidak melulu soal untung rugi tetapi juga hukumnya dalam Islam.


Selama ini, umat muslim cenderung memilih emas sebagai investasi utama karena dijamin kehalalannya dan memang sudah turun-temurun dari nenek moyang mereka. Namun, bagaimana dengan investasi di pasar keuangan, seperti reksadana?

Menjawab keraguan tersebut, DSN MUI (Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia) telah mengeluarkan fatwa No.20/DSN-MUI/IV/2001 Tentang Pedoman Pelaksanaan Investasi untuk Reksa Dana Syariah. MUI menegaskan pengelolaan reksadana syariah itu sesuai dengan syariat Islam.

Pada dasarnya, hukum jual beli atau muamalah diperbolehkan, asal tidak bertentangan dengan syariah. Dalam fatwa itu disebutkan bahwa mekanisme reksadana syariah dilakukan dengan akad wakalah dan mudharabah yang sesuai dengan syariat Islam.

Wakalah berarti pelimpahan kekuasaan oleh suatu pihak kepada pihak lain dalam hal-hal yang boleh diwakilkan. Akad ini merupakan kesepakatan antara penanam modal dengan manajer investasi yang berwenang mengelola dana investasi reksadana. Dengan demikian penanam modal mempercayakan modal usahanya dan memberikan mandat kepada manajer investasi untuk melakukan kegiatan investasi untuk tujuan yang telah disepakati sesuai dengan yang telah tertera di prospektus reksadana.

Sementara itu, mudharabah adalah pelimpahan harta seseorang kepada orang lain untuk diperdagangkan sesuai dengan ketentuan dan hasilnya akan dibagi antara kedua belah pihak. Tentu saja ini sesuai dengan syarat-syarat yang telah disepakati dan berlaku bagi penanam modal atau investor dan manajer investasi.

Instrumen investasinya sendiri, yaitu reksadana syariah merupakan kumpulan aset yang dikelola oleh manajer investasi. Bentuk asetnya sendiri beraneka ragam, seperti deposito, surat utang (obligasi), dan saham. Dalam penerapan investasinya, reksadana syariah akan mengedepankan dan menjunjung tinggi prinsip syariah.
Labels: Financial, Syariah
0 Komentar untuk "Apakah Produk Reksadana Halal Menurut Pandangan Islam?"

Back To Top