Jenis-Jenis RFID Berdasarkan Kartunya


TEMPAT NGOPREK : Berikut Ini  Jenis-jenis RFID Berdasarkan kartu yang digunakan dibagi beberapa bagian yaitu:
    1.      RFID Kartu Mifare
Sejenis kartu semi konduktor yang sering digunakan untuk public transportation, parking, ID card, sistem absensi, tiket, kartu kredit, kartu toll, dan masih banyak aplikasi lainya. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 13.56 MHz.
2.      RFID Kartu EM
EM card secara umum sering disebut juga kartu proximity akan tetapi secara umum karakteristik dasar kartu ini tidak memiliki memory untuk menyimpan data seperti kartu mifare. Kartu EM banyak digunakan dalam akses control system dimana dengan karakteristik dasar kartu EM yaitu frekuensi yang unik maka sangat memungkinkan untuk digunakan dalam security system.
3.      RFID Kartu Proximity
Kartu Proximity atau Prox Card adalah nama yang umum digunakan untuk contactless card yang digunakan untuk security acces system atau system pembayaran. Frekuensi yang umum digunakan pada kartu dan alat pembacanya (card reader) adalah 125 kHz atau yang generasi lebih baru bekerja pada frekuensi 13.56 MHz.

4.      RFID Kartu Chip  
Kartu chip  adalah smart card yang memiliki karakteristik yaitu merupakan Integrated Circuit Card (ICC) atau secara kasat mata kita dapat melihat ada rangkaian circuit di lempengan metal yang biasanya berwarna keemasan atau silver. Selain itu kartu chip  juga memiliki memory yang mampu menampung data. Jenis kartu chip  ini saat ini digunakan secara besar-besaran untuk kartu kredit, bahan utama kartu chip  ini biasanya adalha PVC.
5.      RFID Kartu Magnetik 
     Kartu plastic PVC berwarna putih polos di sisi depan dan belakang, dan di sisi belakang ada tambahahan pita warna hitam dg ukuran (85,5 mm X 13mm). Pita warna hitam inilah yang disebut Magnetic Stripe. Magnetic stripe pada kartu pvc ini bisa dibaca dan ditulis (R/W).
Labels: Arduino, Elektronika
Back To Top