Topologi Jaringan Komputer (BUS, Ring,Star,Daisy–Chain (linear),Tree,Mesh dan Hybrid )

TEMPAT NGOPREK :

Topologi jaringan adalah gambaran perencanaan hubungan antarkomputer dalam Local Area Network (LAN) yang umumnya menggunakan kabel (sebagai media transmisi), dengan konektor, ethernet card, dan perangkat pendukung lainnya. Ada beberapa jenis topologi yang terdapat pada jaringan LAN (Local Area Network).

  • BUS Topology : Topologi ini merupakan bentangan satu kabel yang kedua ujungnya di tutup, di mana di sepanjang kabel terdapat node-node. Signal dalam kabel dengan topologi ini di lewati satu arah sehingga memungkinkan sebuah collision terjadi. Keuntungan topologi bus adalah mudah pada “set-up” awal, sedangkan kerugianya adalah jika kabel terputus akan mempengaruhi keseluruhan LAN.

  • Ring Topology : Topologi jaringan yang berupa lingkaran tertutup yang berisi node-node. Signal mengalir dalam dua arah sehingga dapat menghindarkan terjadinya collinson sehingga memungkinkan terjadinya penggerakan data yang sangat cepat.  Keuntungan topologi ring hanya pada penggunaan panjang jaringanya yang lebih pendek sehingga dapat menggunakan kabel yang lebih sedikit. Sedangkan kerugianya adalah jika kabel terputus diantara terminal, akan mempengaruhi keseluruhan LAN ( hanya untuk standar token Ring). Topologi ring biasanya memerlukan biaya yang lebih mahal dalam penerapannya.
  • Star Topology : Karakteristik dari topologi jaringan ini adalah node berkomunikasi langsung dengan station lain melalui central node, traffic data mengalir dari node ke central node dan di teruskan ke node tujuan. Topologi ini mudah untuk dikembangkan, baik penambahan maupun pengurangan sistem. Keuntungan topologi star ini adalah jika kabel terputus, maka hanya satu terminal yang terputus hubunganya. Sedangkan kerugianya haya pada penggunaan kabel yang terlalu banyak kaena jarak fisik.
  • Daisy-Chain Topology : Topologi ini merupakan paralihan dari topologi Bus dan topologi Ring, dimana tiap simpul terhubung langsung ke dua simpul lain melalui segmen kabel, tetapi segmen membentuk saluran, bukan lingkaran utuh. Antar komputer seperti terhubung secara seri. Keuntungan topologi Daisy-chain adalah instalasi dan pemeliharaan murah. Sedangkan kerugianya kurang handal (tidak sesuai dengan kemajuan teknologi).

  • Tree Topology : Topologi pohon (tree) disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer.

      

  • Topologi mesh adalah suatu bentuk hubungan antar perangkat dimana setiap perangkat terhubung secara langsung ke perangkat lainnya yang ada di dalam jaringan. Akibatnya, dalam topologi mesh setiap perangkat dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju.

  • Hybrid Topology : Topolgi ini merupakan topologi gabungan dari beberapa topologi yang ada, yang biasa mamadukan kinerja dari beberapa topologi yang berbeda, baik berbeda sistem maupun berbeda media transmisinya.
(Penulis : Aban Sobana)
Back To Top