Pengertian LAN, WAN , MAN dan Internet

TEMPAT NGOPREK :


Berdasarkan skala atau area jaringan komputer dapat di bagi menjadi 4 jenis yaitu:

  • Local Area Network (LAN) adalah jaringan local yang dibuat pada area terbatas. Misalnya dalam satu gedung atau dalam satu ruangan. Kadangkala jaringan local disebut juga jaringan personal atau privat. Loca Area Network (LAN) bisa digunakan pada sebuah jaringan kecil yang menggunakan resource secara bersama, seperti penggunaan printer secara bersama, penggunaan media penyimpanan secara bersama, dan sebagainya. 

  • Metropolitan area network (MAN) menggunakan metode yang sama dengan LAN namun daerah cangkupannya lebih luas. Daerah cangkupan MAN bisa satu Rw, beberapa kantor yang berada dalam komplek yang sama, satu atau beberapa desa, satu atau beberapa kota, dapat dikatakan MAN merupakan pengembangan dari LAN.  

  • Wide Area Network (WAN) cakupannya lebih luas dari pada MAN. Cakupan WAN meliputi satu kawasan, satu negara, satu pulau, bahkan satu dunia. Metode yang digunakan MAN hampir sama dengan dengan LAN dan MAN. Umumnya WAN dihubungakan dengan jaringan telepon digital. Namun media transmisi lain pun dapat digunakan.
     
     

  • Internet adalah interkoneksi jaringan komputer skala besar ( mirip WAN), yang dihubungkan menggunakan protocol khusus. Jadi sebenarnya internet merupakan bagian dari WAN. Cangkupan internet adalah satu dunia bahkan tidak menutup kemungkinan antar planet. Koneksi antar jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protocol yang khas, yaitu TCP/IP (Transmission Control Protocol/ Internet Protocol).
     
(Penulis : Aban Sobana )
Back To Top