Pengertian Jaringan Komputer (Peer To Peer dan Client Server )

TEMPAT NGOPREK :

Jaringan Komputer adalah himpunan 'interkonenksi '' antara 2 komputer autonomous atau lebih yang terhubung dengan media transmisis kabel atau tanpa kabel (wirelles). Bila sebuah komputer dapat membuat komputer lainya restar, shutdown, atau melakukan kontrol lainya, maka komputer-komputer tersebut bukan autonomous (tidak melakukan kontrol terhadap komputer lain dengan akses penuh). Didalam jaringan komputer dikenal sistem koneksi antarnode (komputer). Yaitu: 
Peer To Peer network adalah jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer (biasanya tidak lebih dari 10 komputer dengan 1-2 printer). Peer to per adalah suatu mode dimana tiap PC dapat memaki resource pada PC lain atau memberikan resource nya untuk dipakai PC lain. dengan kata lain dapat berfungsi sebagai client maupun server pada periode yang sama. Metode peer to peer ini pada sistem window dikenal sebagai workgroup.
Client-Server adalah jaringan yang menghubungkan komputer server  dengan komputer client/worktasion. Komputer server adalah komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer client/workstsion yang terhubung dalam jaringan. Sedangkan komputer client adalah komputer yang menggunakan fasilitas yang disediakan oleh komputer  server. Komputer server pada sebuah jaringan tipe client server disebut dengan dedicated server, karena komputer yang digunakan hanya sebagai  penyedia fasilitas untuk komputer client/workstasion.
Back To Top